Cara Merawat Mesin Mobil
Cara Merawat Mesin Mobil

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet Menurut Otoklix!

Cara merawat mesin mobil adalah salah satu cara terbaik untuk tetap menjaga performa mesin agar tetap mulus dan prima. Mau tidak mau Anda tetap membawanya ke bengkel terdekat. Mesin mobil merupakan komponen yang paling vital dan penting dalam berkendara. Jika tidak dirawat akan berujung pada kerusakan. 

Untuk memastikan nilai kendaraan Anda tetap tinggi maka Anda perlu melakukan perawatan rutin di rumah. Setidaknya Anda perlu memahami bagaimana perawatan yang tepat agar mesin selalu tetap prima meski intensitas penggunaannya lebih sering di berbagai cuaca.

Terapkan Cara Merawat Mesin Mobil Paling Tepat

Bagi pemula yang belum paham terkait dengan perawatan mobil, maka Anda perlu melakukan hal berikut secara mandiri.

  • Pemeriksaan Air Radiator Berkala

Fungsi dari radiator adalah mendinginkan mesin saat mobil bekerja. Untuk itu, Anda perlu memastikan air dalam tabung Radiator selalu cukup sehingga mesin dapat bekerja dengan baik.

Pastikan memakai air radiator yang sudah direkomendasikan dan memiliki kualitas yang baik. Cairan tersebut mengandung senyawa kimia Anti rust yang menjaga ruang radiator tersebut selalu bersih dan awet.

Namun perlu Anda perhatikan jenis cairan lain yang yang juga dibutuhkan mobil. Mulai dari rem dan power steering. Isi juga air tabung wiper dengan air yang bersih jika Anda sering menggunakannya.

  • Mengganti Oli Mobil Secara Berkala

Jika Anda ingin mesin selalu terawat dan prima maka Anda perlu melakukan penggantian oli maupun filter. Oli menjadi kebutuhan yang utama.

Mengingat fungsinya dapat mengurangi gesekan antar komponen, peredam getaran, pendingin, anti karat dan pembersih kotoran. Namun Anda perlu melakukan pengecekan dan penggantian tepat waktu. Karena oli bekerja terus menerus terekspos udara maupun panas. Hal ini memotong data pakai oli.

Cara merawat mesin mobil jika oli sudah keruh dan hitam pekat maka Anda harus menggantinya. Bagi Anda yang yang masih bingung kapan waktu yang tepat untuk ganti oli, maka jadwal yang bisa menjadi patokan adalah mencapai 10 ribu Kilometer.

Namun jika kendaraan melakukan aktivitas secara rutin dan berkutat dengan kondisi jalan yang tidak normal maka Anda bisa melakukan penggantian saat 5 ribu kilometer.

Cara tepatnya adalah menggunakan tanggal maupun kilometer pada catatan servis.

  • Perawatan Aki Mobil

Perawatan selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah merawat aki mobil. Pastikan air aki berada berada pada garis yang seharusnya. Salah satu cara untuk melakukan pengecekan aki bisa dengan mengukur tegangan menggunakan voltmeter.

  • Panasi Mobil Secara Rutin Saat Tidak Digunakan

Pada dasarnya setiap kendaraan dilengkapi pelumas. Hal ini untuk mengurangi gesekan komponen-komponen mesin saat bekerja. Untuk itu pelumas akan lebih merata jika mobil panas. Sebaiknya mobil selalu dipanaskan sebelum dipakai. Hanya saja panaskan mobil sesuai pemakaian.

Perlu Anda ketahui, cara merawat mesin mobil yang jarang dipakai maka pemanasannya harus lama. Setidaknya suhu mesin panas atau jarum indikator pada panel dashboard menunjukkan mesin panas. Berbeda pada kendaraan yang dalam setiap harinya selalu dipakai, maka pemanasannya lebih cepat.

Pemanasan yang rutin berkaitan dengan awet maupun tidaknya kendaraan tersebut. Mesin akan terhindar dari beban yang tiba-tiba.

  • Cek Kopling

Selanjutnya adalah memastikan kopling berfungsi secara normal. Jenis perawatan ini berlaku untuk mobil yang bertransmisi manual.

Ketika kampas kopling sudah mulai aus maka perpindahan gigi yang Anda lakukan terasa sangat berat. Hal ini cukup mengganggu saat berkendara. Jika persneling sulit dipindah, hal ini menjadi indikasi kampas yang sudah aus.

  • Periksa Filter Udara

Cara merawat mesin mobil adalah memeriksa filter udara. Sebetulnya udara pada proses pembakaran memiliki fungsi seperti udara pada manusia. Tentunya bukan hanya kuantitas namun juga kualitas perlu menjadi perhatian. Anda perlu menjaga agar kotoran dan benda asing sehingga tidak masuk pada filter udara saat pembakaran.

Sebaiknya lakukan pengecekan pada filter udara. Jika sudah tidak layak maka harus dibersihkan. Ketika filter selalu dalam keadaan baik dan bersih maka pembakaran menjadi lebih maksimal dan sesuai kinerjanya.

  • Cek Kabel dan Lampu

Selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada kabel dan lampu. Suatu ketika pasti Anda menemukan kabel longgar atau putus hingga lampu yang redup. Agar nantinya tidak ada masalah maka pastikan semua kabel juga lampu selalu dalam keadaan normal.

Jika Anda telah melakukan perawatan rutin namun mesin mobil Anda mengalami masalah maka sudah waktunya Anda melakukan perawatan atau Service mobil ke mitra Otoklix.

Untuk menemukan bengkel terdekat dan terpercaya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Otoklix yang akan memudahkan kamu mencari pilihan bengkel atau bisa juga membawa ke bengkel milik Otoklix yang bernama OtoXpress.

About admin